Dari Penebangan Hingga Ganti Rugi Terdampak Pelebaran Jalan, Disiapkan Rp3,5 M

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Bupati Karo Terkelin Brahmana mengawali penebangan/pembersihan pohon dalam rangka pelebaran jalan tahap ke-II (Sumbul-Gudang Samping Makodim 0205/TK) Raya, Senin (26/11/2018).

KARO, BENTENGTIMES.com– Bupati Karo Terkelin Brahmana mengawali penebangan pohon mahoni di Jalan Jamin Ginting, Sumbul Kabanjahe, Senin (26/11/2018) pukul 11.00 WIB. Penebangan itu menindak lanjuti rencana pelebaran jalan tahap ke-II, mulai dari Desa Sumbul sampai Gudang sebelum Kodim 0205/TK Berastagi.

Terkelin menjelaskan, ada sekitar 200 batang mahoni dan palm di sepanjang sekitar 2 Km akan ditebang. Menurut Terkelin,  penebangan atau pembersihan pohon di sepanjang Jalan Jamin Ginting Kabanjahe-Berastagi, memakan biaya sebesar Rp3,5 miliar. Dana itu sudah termasuk perbaikan dan ganti rugi pagar milik masyarakat yang terkena dampak proyek pelebaran jalan nasional.

“Pembersihan pohon mulai Desa Sumbul (Desa Sumber Mufakat) hingga batas sebelum Makodim 0205/TK akan selesai ditebang dalam arti kata clear and clean akhir Desember 2018 ini,” ujar Terkelin.

Kemudian, lanjut Terkelin, pekerjaan akan dimulai awal 2019 dengan menelan dana hampir Rp20 miliar.

“Info saya terima dari Bappeda, pelebaran jalan tersebut mulai dari Desa Sumbul sampai sebelum Kodim Tanah Karo,” beber Terkelin.

(Baca: 2019, Proyek Pelebaran Jalan Ruas Kabanjahe-Berastagi Dilanjutkan)

(Baca: Tiga Pekerja Pelebaran Jalan Digilas Truk, Dua Nyawa Melayang)

Pada kesempatan itu, Terkelin mengungkapkan bahwa masyarakat harus memahami salah satu kunci keberhasilan pembangunan itu adalah pembangunan infrastruktur. Kalau pelebaran jalan di sepanjang Kabanjahe-Berastagi berjalan dengan baik, tentunya secara ekonomi nilai investasi atau lahan warga akan semakin mahal, suasananya pun akan semakin indah, resiko macet pun semakin terhindarkan.

“Dan, indah dipandang ini yang perlu dipahami warga,” ujar Terkelin.

(Baca: Pengusaha Kuliner di Tongging Tak Mau Kiosnya Dipercantik, Terkelin Bingung)

(Baca: Karo Kembali Raih Reward, Kali Ini Masuk Nominasi Desa Terbaik Indonesia 2018)

Kepala Bappeda Nasib Sianturi menambahkan, pelebaran jalan yang saat ini sedang berlangsung adalah tahap keII (Sumbul-Desa Raya Gudang samping Makodim 0205/TK). Rencananya, pelebaran itu sampai tahap ke-III, mulai dari depan Kodim 0205/TK sampai ke Simpang Ujung Aji Berastagi.

“Mudah-mudahan 2019 tahun depan,pelebaran jalan itu berjalan lancar,” ujar Nasib.

Dalam penebangan itu, turut hadir Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba, Kakan Satpol PP Hendryk Tarigan, Mirton Ketaren, Anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting, Onasis Sitepu ST, Jhon Karya Sukatendel, Jidin Ginting, dan Kabid Pertamanan PUPR Baron Kaban.

Share this: