Terkelin Brahmana Buka Bursa Inovasi Desa di Tanah Karo

Share this:
PELITA MONALD GINTING
Bupati Karo Terkelin Brahmana saat menyampaikan sambutan dalam Acara Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Desa Kabupaten Karo Tahun 2018, bertempat di Jambur Milala Kabanjahe, Kamis (25/10/2018).

KABANJAHE, BENTENGTIMES.com– Bupati Karo Terkelin Brahmana membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa, program inovasi desa yang diselenggarakan di Jambur Milala, Kabanjahe, Kamis (25/10/2018). Bursa Inovasi Desa ini bertujuan menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif maupun altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Selain itu, kegiatan yang diikuti oleh para kepala desa dan BPD se-Kabupaten Karo, pimpinan OPD, para Camat, Tim Pelaksana Inovasi Desa SE-Kabupaten Karo, Perguruan Tinggi, BUMN, pihak swasta ini juga bertujuan untuk memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan.

Terkelin Brahmana dalam sambutannya, mengatakan program inovasi desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan menawarkan ide inovasi-inovasi pembangunan desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal, kewirausahaan, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta infrastruktur desa.

(Baca: Tanah Karo Geger Penculikan Anak, Bocah TK Disekap Dalam Rumah di Desa Lingga)

(Baca: Bursa Inovasi Desa di Nias Utara: Datang, Komit, Tiru, Maju)

Bupati Karo juga menegasakan kiranya pemerintah desa berpikir secara global, pengelolaan kedepan hendaknya adalah pengelolaan yang mampu berkompetisi dengan zaman, harus diciptakan inovasi dengan dasar yang sederhana tetapi menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kepala Desa, BPD dan TPID agar dapat mereplikasi inovasi-inovasi yang disajikan sesuai dengan potensi yang dimiliki untuk selanjutnya diimplementasikan di masing-masing desa dengan harapan dapat menjawab kebutuhan desa terhadap layanan yang berkualitas dan merancang inovasi dalam praktik pembangunan yang solutif dan efektif,” ungkap Bupati Karo.

(Baca: Fokus Dana Desa Bukan Lagi Infrastruktur tapi Pemberdayaan Ekonomi dan SDM)

(Baca: Ini adalah Kantor Desa, Bukan Istana Negara)

Turut Hadir daam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Mulianta Tarigan, Kadis PMD Abel T Tarigan, Inspektur Kabupaten Karo Philemon Brahmana, Kalak BPBD Martin Sitepu, dan Kabag Humas Protokol Djoko Sujarwanto.

Share this: