Mutasi Kapolres Jajaran Polda Sumut, Heribertus ke Siantar, Ganda Saragih di Tapteng

Share this:
BMG
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja dan Kasubbid Penmas AKBP MP Nainggolan.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan mutasi terhadap 495 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri. Sebagaimana dalam Surat Telegram Kapolda Nomor:ST/2593-2598/X/KEP/2018, yang dikeluarkan 14 Oktober 2018, dimana diantaranya terdapat Pejabat Utama dan Kapolres jajaran Polda Sumatera Utara (Sumut).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, melalui Kasubbid Penmas AKBP MP Nainggolan, membenarkan adanya mutasi tersebut. MP Nainggolan menegaskan, alih tugas dan jabatan di lingkungan Polri tentu merupakan hal yang biasa, karena merupakan proses manajerial SDM dan proses operasional fungsi Kepolisian.

“Benar. Mutasi seperti ini akan terus berlangsung sesuai kebutuhan dalam rangka pembinaan personel dan peningkatan kinerja untuk memenuhi kebutuhan dinamisasi organisasi Polri. Sekaligus untuk penyegaran organisasi serta pengembangan karir anggota Polri,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (16/10/2018).

MP Nainggolan memaparkan, adapun jajaran Pejabat Utama Polda Sumut yang dimutasi ialah, Dirreskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Toga Habinsaran Panjaitan yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Irbidjemen SDM II Itwil III Itwasum Polri. Penggantinya adalah Kombes Pol Gapuh Setiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Maluku.

(Baca: Wow! 13 Hari, Polda Sumut Amankan 611 Tersangka dari 473 Kasus Narkoba)

(Baca: Faisal Abdi, si Penghina Etnis Batak di Facebook Akhirnya Diciduk Polda Sumut)

Selanjutnya, Kombes Pol Lilik Arga Tjahjana, Irwasda Polda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagdumas Rorenmin Itwasum Polri. Penggantinya adalah Kombes Pol Eko Kristianto, sebelumnya menjabat Kabaganev Rorenmin Itwasum Polri.

Kemudian, Kombes Pol Erdi Rahadian, Kabidkeu Polda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Pamen Puskeu Polri (dalam rangka pensiun). Penggantinya Kombes Pol Teguh Slamet Karyono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidkeu Polda Bali.

(Baca: Polda Sumut Periksa Kadishub Samosir)

(Baca: Mantan Bupati Tapteng Ditahan Polda Sumut)

Lebih lanjut, MP Nainggolan memaparkan, mutasi juga terjadi di sejumlah jabatan Kapolres di jajaran Polda Sumut. Mutasi itu dilakukan terhadap AKBP Mohammad Iqbal, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadir Lantas Polda Aceh. Sedangkan penggantinya ialah AKBP Irwa Zaini Adib, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Metro Setia Budi Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel).

Share this: