Respon Masyarakat Terhadap Bandara Silangit Semakin Tinggi

Share this:
Aktivitas di Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Pembangunan Bandara Silangit tahap demi tahap telah memunculkan kepercayaan yang tinggi terhadap masyarakat. Ini terbukti semakin tingginya aktivitas arus mudik di bandara yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) ini dibanding tahun lalu, sekitar 38 persen. Apalagi, Bandara Silangit saat ini sudah ditetapkan menjadi bandara internasional.

Data dari Dinas Perhubungan Sumatera Utara menyebutkan bahwa peningkatan arus mudik di Silangit meningkat sekitar 38 persen dari tahun 2017. Sementara, jumlah pesawat meningkat sekitar 20 persen.

(BACA: Desember ini Rute Tiongkok-Silangit Dibuka)

Ketua Tim Posko Monitoring Angkutan Lebaran Dishub Sumut 2018 Agustinus Panjaitan, Minggu (17/6/2018) menjelaskan, jumlah arus mudik lewat Bandara Silangit sejak H-8 hingga H1 mencapai 12.014 penumpang.

Rinciannya, kedatangan sebanyak 6.769 penumpang dan berangkat sebanyak 5.245 penumpang. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 lalu, dimana dalam waktu yang sama hanya 8.715 penumpang lewat Bandara Silangit.

“Jumlah itu tentu sangat menggembirakan bagi Bandara Silangit. Apalagi jumlah penerbangan tidak terlalu meningkat tajam. Total penerbangan yang datang dan berangkat dari H-8 hingga H1 hanya 120 . Artinya rata-rata penerbangan berisi 100 penumpang,” jelasnya.

(BACA: Penerbangan Silangit-Penang Akan Segera Dibuka)

Agustinus menambahkan, sejak H-8, rata-rata pesawat yang mendarat dan terbang dari Bandara Silangit sebanyak 6 hingga 7 penerbangan setiap hari. Kedatangan paling banyak terjadi pada H-1 atau Kamis (14/6/2018), yakni 834 penumpang dengan 7 penerbangan.

Sedangkan untuk keberangkatan paling banyak terjadi pada H-1 atau Jumat (15/6/2018) sebanyak 635 penumpang. “Sementara untuk kedatantan paling sedikit terjadi pada H-3 yakni 643 penumpang dan keberangkatan paling sedikit pada H-7 sebanyak 537 penumpang,” tambahnya.

Agustinus mengakui, peningkatan arus mudik tersebut disebabkan meningkatnya pelayanan Bandara Silangit. “Kita berharap pelayanan Bandara Silangit semakin membaik, sehingga arus balik juga akan meningkat tajam,” harapnya.

Share this: