11.485 Penumpang Padati Bandara Kualanamu

Share this:
Kesibukan di Bandara Kualanamu.

DELI SERDANG, BENTENGTIMES.com – Lonjakan penumpang di H-3 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H sudah sangat terasa, baik itu di bandara, stasiun kereta api, stasiun bus maupun pelabuhan.

Seperti di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA), Selasa (12/6/2018), tercatat ada sebanyak 11.485 penumpang datang dan berangkat. Bahkan pada pukul 13.00 WIB, ada lima penerbangan ekstra yang dilakukan maskapai untuk mengangkut penumpang ke sejumlah tujuan.

(BACA: Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I Gratis Hingga 22 Juni)

Hal ini diketahui dari petugas Posko Pantau Lebaran Bandara. “Penumpang ramai sejak pagi. Diperkirakan sampai malam juga masih ramai, bahkan lebih ramai dari hari sebelumnya. Keberangkatan dan kedatangan hampir sama padatnya,” kata Duty Maneger Bandara Kualanamu Hendry L Tobing di KNIA.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengakui, terjadi peningkatan jumlah penumpang di bandara jika dibandingkan pada mudik lebaran tahun 2017 lalu. Diprediksi, peningkatannya sekitar 3 persen.

(BACA: Asyik! Medan-Sei Rampah Hanya 30 Menit)

Namun begitu, secara keseluruhan, jumlah pemudik tahun 2018 ini, baik dari terminal bus, terminal kereta api, pelabuhan, dan bandara, terjadi penurunan sekitar 15 persen.

“Kenaikan justru terjadi pada penumpang pesawat, baik keberangkatan dan kedatangan sebesar 3 persen,” ujarnya.

Sementara, jumlah kedatangan hingga hari kelima Operasi Ketupat Toba 2018 masih lebih tinggi dibanding keberangkatan. “Jumlah kedatangan hingga hari kelima 139.259 orang, sedangkan keberangkatan 133.389,” sebutnya.

Nainggolan menambahkan, guna memberikan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan mudik Idul Fitri 2018, personel lalulintas di Operasi Ketupat Toba telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Hal itu berupa imbauan, penyuluhan dan juga tindakan preventif.

“Kegiatan ini dilakukan dengan pemasangan spanduk, banner, brosur, gerakan pengatur lalulintas, patroli, penjagaan serta pengawalan,” tandasnya.

Share this: