Membudayakan Literasi di Tanah Karo

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Ketua Dewan Perpustakaan Sumatera Utara Prof Dr Hasim Purba saling tukar cinderamata, usai Acara Konsultasi dan Koordinasi Dewan Perpustakaan, bertempat di Gedung Serba Guna Kabupaten Karo, Jalan Pahlawan Kabanjahe, Selasa (13/11/2018).

KARO, BENTENGTIMES.com– Ingat! Komitmen Wakapolres Karo di Masjid Raya, Berantas Judi dan Narkoba. Kenyataan bahwa minat baca masyarakat Indonesia, masih rendah. Ioaksks membaca masyarakat hanya sekitar 0,001, artinya dari 1000 penduduk hanya satu orang yang memiliki minat baca tinggi.

“Angka ini masih sangat jauh bila dibanding dengan masyarakat di Singapura, yang memiliki indeks sampai 0,45. Minimnya budaya membaca telah menjadi persoalan krusial,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana, pada saat menerima kehadiran Dewan Perpustakaan Sumatera Utara, bertempat di Gedung Serba Guna Kabupaten Karo, di Jalan Pahlawan Kabanjahe, Selasa (13/11/2018).

Oleh karena itu, Terkelin menyampaikan agar masyarakat secara keseluruhan harus memiliki pemahaman yang sama bahwa salah satu kunci perubahan suatu generasi adalah dengan membudayakan literasi. Sebab makna literasi tidak hanya sebatas membaca dan menulis saja, tetapi lebih mengarah pada proses keaksaraan, kebermaknaan dan keberwacanaan dalam arti luas.

Jadi kata Terkelin, tidak hanya berkaitan dengan membaca dan menulis, tetapi juga proses komunikasi intensif dalam interaksi sosial dan keilmuan.

“Ikuti zamanmu, jangan tinggalkan budayamu! seru Terkelin.

Pada kesempatan itu, Terkelin menyampaikan respon positifnya dan antusias kunjungan kerja Dewan Perpustakaan Sumatera Utara, sebagai salah satu upaya peningkatan gerakan budaya literasi di Tanah Karo Simalem ini.

(Baca: Pengungkapan Kasus Curanmor dan Pembunuhan Dalam Sepekan di Polres Tanah Karo)

(Baca: Enam Kesamaan Antara Karo dan Kota Malang yang Buat Istri Terkelin Kepincut)

Sementara, Ketua Dewan Perpustakaan Sumatera Utara Prof Dr Hasim Purba mengatakan, pertama Dewan Perpustakaan Sumatera Utara sangat berterimakasih kepada Pemkab Karo telah menerima kunjungan kami bersama rombongan,

“Ini patut kami apresiasi bahwa Pemkab Karo masih mau mendukung masyarakat Karo, khususnya untuk menjadikan bangsa yang cerdas dan berpikiran positif melalui pembudayaan Literasi,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Perpustakaan Karo Saroha Ginting dan Sekretaris Reh Jorena br Purba, Ishak SS MHum, A W Simatupang, Penny Flora Simamora, Drs Karion MSi, Ranggini,

Share this: