Medan Kembali Dilanda Banjir, 70 Rumah Terendam, 80 KK Terdampak

Share this:
BMG
Kawasan permukiman penduduk di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, tampak terendam banjir, Selasa (9/10/2018)  siang. 

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Sedikitnya 70-an rumah warga di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, terendam banjir usai diguyur hujan sepanjang malam hingga dini hari tadi Selasa (9/10/2018). Ketinggan air bervariasi, mulai 20 cm hingga 150 cm.

Manajer Pusdalops BPBD Medan M Yunus menerangkan, banjir yang menggenangi Kelurahan Beringin adalah luapan Sungai Babura. Luapan air terpantau naik ke permukiman warga sejak pukul 05.00 WIB.

“Jadi, airnya naik dua jam usai hujan lebat,” ucap Yunus, kepada sejumlah awak media di Medan, Selasa (9/10/2018).

Lurah Beringin Ardi Daus mengatakan, pegawai kelurahan bersama petugas BPBD Kota Medan sudah melakukan sejumlah langkah pasca banjir untuk menanggulanginya.

“Ada 70-an rumah warga kami yang terendam banjir atau sedikitnya 80-an kepala keluarga (KK) terdampak banjir luapan sungai,” sebut Ardi.

(Baca: Kisah Warga Medan yang Terkena Banjir; Kami Terbangun Saat Air Masuk Kamar)

(Baca: Sibolga-Tapteng Banjir, Kodim 0211/TT Kerahkan Personel)

Ia mengungkapkan, sebagian warganya yang menjadi korban terdampak banjir memilih bertahan di rumah masing-masing. Sementara warga yang rumahnya tak bisa ditempati lagi memilih mengungsi ke tempat kerabat terdekat mereka.

“Banyak warga masih bertahan, khususnya yang rumahnya bertingkat. Mereka memilih bertahan di lantai dua,” ujar Ardi.

(Baca: Banjir di Labuhanbatu, 80 Rumah Terendam)

(Baca: Banjir, Anggota DPRD Ini Baru Sadar Kenapa Jokowi Pecat Anies)

Selain itu, Ardi menjelaskan saat ini pihak Kelurahan Beringin sudah mendirikan satu unit posko banjir di Kantor Kelurahan Beringin. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu warga butuh bantuan secara cepat.

“Kalau posko saat ini sudah tidak mampu lagi menampung, kami akan dirikan dua lagi. Rencananya di Masjid dan ujung Gang Saudara,” ujarnya.

Share this: