Wow! 13 Hari, Polda Sumut Amankan 611 Tersangka dari 473 Kasus Narkoba

Share this:
Rilis pers pengungkapan kasus narkoba oleh Polda Sumut beberapa waktu lalu.

Sementara itu, disinggung mengenai masalah narkoba yang kerap masuk ke Sumut dari Malaysia, Frenky menerangkan bahwa hal itu dipengaruhi oleh faktor geografis Sumut dan Aceh yang langsung berbatasan dengan Malaysia, sehingga merupakan jalur favorit sindikat selain langsung mengirimkan barang ke Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Kedua, faktor demand, yakni permintaan barang untuk digunakan atau diedarkan lagi di dalam Sumut atau dialirkan lagi keluar Sumut masih ada.

(BACA: Pemukiman Narkoba Digerebek, Polisi Sita Sabu dan Belasan Butir Peluru)

Dan ketiga, faktor ekonomi bahwa rangkaian peredaran barang juga melibatkan rangkaian ongkos/upah di setiap level/mata rantai para pelakunya (misal upah mengantar barang per kg adalah Rp10 juta).

“Ini menarik bagi orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap,” katanya.

Menurutnya, akumulasi dari tiga faktor itu menyebabkan masih terus adanya aliran barang dari luar masuk ke Sumut atau melewati wilayah Sumut.

“Faktor lain yang berpengaruh adalah sindikat narkoba adalah kelompok tertutup dengan modus yang senantiasa berubah dan berkembang mengikuti situasi dan manuver petugas dari Polri. BNN, Bea Cukai dan lain-lain,” jelasnya.

Share this: