Warga Mulai Gelar Punggahan

Share this:
Suasana punggahan di Masjid Al Ikhlas Cluster Rumah Pondok.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Tradisi menyambut bulan suci Ramadan banyak digelar di tanah air, di antaranya Punggahan. Tak kurang dari seminggu lagi puasa Ramadan, masyarakat Medan mulai menggelar Punggahan mulai Sabtu (12/5/2018) malam.

Di beberapa masjid di Kota Medan dan sekitarnya, acara punggahan digelar dengan menghadirkan ustad untuk meberikan tausiyah. Salah satunya di Perumahan Cluster Rumah Pondok Namorambe, Desa Delitua, Kabupaten Deli Serdang.

Bertempat di Masjid Al Ikhlas yang berada di dalam komplek perumahan tersebut, hadir Ustad Syaiful Azhar untuk memberikan tausiyah tentang pentingnya persiapan menyambut bulan suci Ramadan.

“Yang terpenting kita harus bersuka cita menyambut bulan Suci Ramadan. Karena Rasullullah SAW juga sangat bersemangat menyambut datangnya Ramadan,” kata Ustad Syaiful Azhar.

Ketua BKM Abdul Rahman mengatakan, tradisi baik ini harus dipertahankan untuk menjalin silaturahmi sesama warga. Memang pada pelaksaan punggahan tersebut, warga setempat membawa aneka makanan untuk kemudian disantap bersama-sama setelah mendengarkan tausiyah.

“Semoga acara yang kita laksanakan ini menambah erat silaturahmi dan persiapan kita lebih mantap untuk beribadah di bulan Ramadan,” kata Abdur Rahman didampingi tokoh masyarakat Suprianto, Zulkarnain, Bahar dan lainnya.

Acara punggahan ini banyak tradisi yang dilakukan, selain makan bersama ada juga istilah mandi pangir untuk simbol membersihkan diri jelang beribadah di bulan suci.

Sepekan jelang Ramadan tahun ini, tak heran akan banyak dilaksanakan Punggahan di berbagai daerah di Kota Medan.

Share this: