Djarot Kunjungi Pedagang Buku Lapangan Merdeka

Share this:
BMG
Djarot saat berada disalah satu toko buku di Lapangan Merdeka Medan

Usulkan Jadi Taman Bacaan Rakyat

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar lokasi pedagang buku di Lapangan Merdeka saat ini menjadi Taman Bacaan Rakyat. Usulan ini ditawarkan Djarot ketika meninjau lokasi tersebut, Kamis (5/4/2018).

Kedatangannya ke lokasi itu disambut para pedagang dan Relawan Amang DJOSS. Kepada pedagang, Djarot mengatakan, sangat disayangkan, jika kondisi tempat berjualan pedagang saat ini tidak tertata dengan baik. Padahal posisinya sangat strategis.

“Lokasi ini seharusnya bisa menjadi sentra Taman Bacaan Rakyat. Jika saya terpilih nanti, saya bisa bantu buat desainnya agar lebih bagus. Dengan catatan karena ini pengelolaannya masih pada Pemko Medan, maka akan kita koordinasikan lebih dahulu,” ujarnya.

Setelah dibuat menjadi lebih bagus dan indah, tempat ini bisa bermanfaat  sebagai tempat pembelajaran rakyat. Dengan kata lain, bukan hanya sebagai tempat membaca, melainkan buku dari para pedagang di sini juga dibeli.

“Inilah yang dinamakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan itu. Sangat gampang. Sudah di depan mata kita ini,” ujar mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Selain itu, ia juga menjelaskan saat ia datang ke tempat tersebut, bayangan dalam dirinya bahwa tempat itu merupakan tempat segudang ilmu. Akan tetapi masih ada beberapa koleksi buku yang dicarinya belum ada di tempat tersebut.

(Baca juga: Djarot Cek Lokasi Pendangkalan di Sungai Asahan)

“Kalau di Surabaya, saya punya langganan buku bekas. Di situ cukup lengkap. Jadi saya minta, kebetulan tadi saya jumpa pelajar yang baru siap ujian nasiona kemudian bajunya dicoret-coret untuk mengumpulkan bukunya. Lalu dijual ke sini. Itu lebih bermanfaat daripada mencoret baju. Bukan hanya pelajar, semua masyarakat bisa menyumbangkan bukunya ke tempat tersebut. Selain bisa dibaca juga menambah koleksi buku di tempat itu,” ucap pasangan Sihar Sitorus dalam Pilgubsu mendatang.

Para pedagang sendiri berterima kasih atas kedatangan calon gubernur yang diusung PDIP dan PPP tersebut. “Besar harapan kami, bapak dapat mendengar aspirasi-aspirasi kami di sini. Dan kami dari relawan Amang DJOSS siap memenangkan bapak di Pilgubsu mendatang,” sebut Dodi.

Share this: