Memprihatinkan! Begini Kondisi Pemeran Soeharto di Film G30S/PKI

Share this:

JAKARTA, BENTNGTIMES.com – Bagi Anda generasi 80-an dan 90-an pastinya tidak asing dengan sosok Amoroso Katamsi. Dulu dia selalu ‘hadir’ di televisi, tepatnya setiap tanggal 30 September saat ditayangkannya film Pengkhianatan G30S/PKI oleh TVRI.

Ya, Amoroso Katamsi tidak lain adalah aktor yang memerankan tokoh Soeharto dalam film tersebut. Sosok Amoroso ternyata bukan orang sembarangan. Ia merupakan seorang tentara sekaligus dokter.

Amoroso mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Saat itu, ia mengajukan beasiswa ke berbagai instansi, termasuk ke Angkatan Laut Republik Indonesia. Amoroso pun diterima dan diangkat menjadi tentara.

Kendati menjadi tentara, kegemarannya di dunia peran tidak ditinggalkan. Ayah dari Aning Katamsi itu memang sudah menyukai dunia seni sejak kecil.

Saat berkuliah di UGM pun ia sempat aktif di Kelompok Studi Drama Jogja. Di sini lah, Amoroso bertemu Arifin C Noer yang kelak menjadi sutradara film Pengkhianatan G30S/PKI. Seiring berjalannya waktu, Amoroso dikenal luas sebagai perwira militer yang juga aktif berteater.

Saat pembuatan film Pengkhianatan G30S/PKI, Amoroso pun dipercaya memerankan tokoh Soeharto. Demi kesuksesan memerankan sosok Presiden ke-2 Indonesia itu, Amoroso mendapat kesempatan sehari bersama Soeharto.

Perannya sebagai Soeharto membawa Amoroso mendapat nominasi Pemeran Utama Terbaik Festival Film Indonesia 1984. Namun, ia gagal menjadi pemenang dan membawa pulang piala.

Usut punya usut, Amoroso Katamsi tidak sekali dipercaya memerankan sosok Soeharto, melainkan tiga kali. Ia berperan sebagai Soeharto dalam film Djakarta 1966, G30S/PKI, dan yang terbaru Di Balik 98. Sementara itu, kariernya di militer bisa dibilang tidak ada masalah.

Amoroso pensiun dari militer dengan pangkat terakhir Laksamana Pertama TNI AL. Memasuki usia senja dan telah pensiun, tak menjadikan Amoroso berhenti beraktivitas.

Ia diketahui sempat aktif di Kwartir Nasional pramuka, dan masih bergelut di dunia seni peran. Sayangnya, kondisi terbaru Amoroso Katamsi sungguh memprihatinkan.

Kini, ia tergolek tak berdaya di ICU Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo, Jakarta. Berdasarkan informasi yang didapat TribunJabar.id dari pihak keluarga Amoroso, pensiunan TNI AL itu dirawat di rumah sakit sejak Jumat (13/4/2018).

“Saat ini dalam kondisi kritis,” ujar istri Amoroso, Peni Wijiastuti meneruskan pesan Aning Katamsi melalui pesan singkat, Senin (16/4/2018), seperti dilansir dari TribunJabar.id.

Pada foto terbaru Amoroso, ia terlihat terbaring di ranjang rumah sakit. Selang infus menancap di tangan kanan dan selang lain dipasang di bagian mulutnya.

Share this: