Makeup Artist Ini Bilang Kahiyang Ayu Hamil

Share this:

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dikabarkan sedang hamil. Informasi ini diketahui melalui unggahan akun instagram milik makeup artist Bennu Sorumba.

Bennu menunjukkan hasil riasannya seraya menyebut bumil kesayangan untuk Kahiyang. Bumil adalah istilah untuk ibu hamil. Unggahan tersebut tentu mengundang reaksi netizen dan selebritas pun ikut memberikan selamat.

Usia kehamilan umumnya berlangsung sekitar 40 minggu dan dikelompokkan menjadi tiga trimester. Pada trimester pertama yaitu minggu ke 12 kehamilan adalah waktu antara pemupukan sel telur oleh sperma atau disebut konsepsi.

Saat ini tubuh wanita mengalami banyak perubahan dalam trimester pertama. Seperti kelelahan, sakit perut, muntah, perubahan suasana hati, ngidam, dan sebagainya. Menjaga kesehatan selama awal kehamilan sangat penting bagi bumil, karena berpengaruh pada perkembangan janin yang sehat.

Jokowi mantu menjadi salah satu topik terpopuler di 2017. Anak perempuan satu-satunya presiden, Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution lewat rangkaian acara budaya dan adat.

Mengutip Healtline, beberapa langkah yang harus dilakukan saat awal kehamilan seperti mengkonsumi vitamin prenatal. Vitamin ini mengandung tiga zat penting untuk bumil dan janinnya, yaitu asam float, zat besi dan kalsium. Selain vitamin, bumil juga disarankan mengkonsumsi buah, sayuran, protein rendah lemak, serta banyak air. Sedangkan kalori diusahakan 300 kalori lebih banyak dari biasanya.

Olahraga juga dapat dilakukan sejak trisemester pertama. Seperti kegel yaitu latihan untuk memperkuat otot-otot di sekitar bagian bawah panggul yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Sementara ada beberapa hal yang harus dihindari pada trimester pertama yaitu latihan berat atau latihan yang membutuhkan banyak kekuatan dan dapat menyebabkan luka pada perut. Alkohol dan rokok sebaiknya juga dihindari, sedangkan kafein seperti teh atau kopi dianjurkan tidak lebih dari satu cangkir setiap harinya.

Beberapa makanan yang harus dihindari yaitu ikan mentah, seafood asap, serta ikan dengan kadar merkuri tinggi. Sedangkan susu yang boleh dikonsumsi adalah susu pasteurisasi. (md/tempo)

Share this: