Dari Parapat Danau Toba, Wapres Ma’ruf Amin Dorong Kampanye Bumbu Tradisional Indonesia Mendunia

Share this:
BMG
Wapres Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga pada Acara Hari Rempah Nasional (HRN), bertempat di Niagara Hotel, Parapat, Jumat (10/12/2021).

Gubsu Edy Rahmayadi dan Bupati Radiapoh Sinaga Terima APPI Award 2021

Dalam kesempatan Perayaan Hari Rempah Nasional, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, jika ketahanan pangan Indonesia sangat luar biasa, dengan pertanian yang diakselerasi dengan baik. Semua pihak yang turun tangan dan secara langsung Presiden dan Wakil Presiden turun mengenergi ke semua jenis pertanian yang ada.

“Maka, pertanian kita bertahan sangat luar biasa. Banyak negara yang colef dan merangkak menghadapi Covid-19, tapi kita mampu bertahan,” kata Syahrul.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa rempah merupakan budaya Sumatera Utara yang tidak bisa dipisahkan. Dia menyebutkan, ada beberapa komoditas yang menjadi kebanggaan Sumatera Utara, bahkan komoditas ekspor, seperti kemiri, lada, andaliman, kapulaga, cengkeh, jahe dan lainnya serta sudah berjalan sejak Republik Indonesia ini berdiri.

“Pemerintah Sumatera Utara dari sektor hulu sudah menyalurkan bibit unggul dan membina serta mendorong UMKM untuk derisasi rempah ini. Kami sampaikan, untuk peningkatan pemodalan UMKM, Pemerintah Sumatara Utara melalui Bank Sumut dan bank lainya telah memfasilitasi UMKM rempah untuk pasar ekspor,” kata Edy.

Seusai acara, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengungkapkan, Kabupaten Simalungun juga sangat berperan dalam kontribusi hasil rempah. Dia menyebutkan, Kabupaten Simalungun memiliki lahan seluas 600 hektare, yang di dalamnya terdapat rempah, seperti cengkeh, jahe dan yang lainnya.

Dia menuturkan, Pemkab Simalungun akan melakukan upaya membangkitkan kembali hasil pangan rempah-rempah untuk kedaulatan pangan dan peningkatan penghasil para petani di Kabupaten Simalungun.

“Masalah kedaulatan pangan sudah dibicarakan dengan cukup intens bersama Menteri Pertanian, tinggal menindaklanjuti secepatnya,” ujarnya.

Gubsu Edy Rahmayadi dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menerima APPI Award 2021 kategori birokrasi dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Jumat (10/12/2021).

BacaMahasiswa Asal Tobasa Ciptakan Oven ‘Reinkarnasi Andaliman’

BacaGubsu Edy Temui RHS di Raya: Saya Saja Lewat Setengah Mati

Dalam kesempatan Hari Rempah Nasional itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menerima Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia (APPI) Award 2021 kategori birokrasi dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: