Benteng Times

Dilantik Jokowi Jadi Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia Kunker Pertama ke Simalungun

Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia melakukan salam komando dengan Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga saat berkunjung ke KEK Sei Mangkei, Jumat (30/4/2021).

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com– Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia berkunjung ke KEK Sei Mangkei, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Jumat (30/4/2021). Kunjungan kerja pertama Bahlil setelah dilantik Presiden, untuk memfasilitasi investor dalam upaya mengembangkan kawasan ekonomi dan industri.

Bahlil menyoroti ketidaksebandingan antara luas area KEK Sei Mangkei dengan pemanfaat lahan yang hanya berjumlah lima tenant (penyewa). Dia pun akan merancang langkah strategis untuk solusinya.

Kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun, dia berpesan agar memberikan iklim yang nyaman bagi investor, supaya perputaran ekonomi berjalan baik.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga berharap kehadiran Menteri Investasi di KEK Sei Mangkei akan membawa kemajuan bagi kawasan itu dan kemajuan bagi Kabupaten Simalungun.

Pemkab Simalungun, lanjut Radiapoh atau yang akrab disapa RHS itu, mengatakan akan menyiapkan sarana Balai Latihan Kerja guna menghasilkan putra-putri yang siap kerja.

Dalam kunjungan kerja itu, Bahlil disambut Bupati dan Wakil Bupati Zonny Waldi, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani dan sejumlah pimpinan OPD.

Menteri Investasi Pertama di Era Jokowi, Punya Harta Rp300 Miliar

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Investasi, pada Rabu (28/4/2021). Bahlil adalah Menteri Investasi pertama di era Presiden Jokowi.

BacaMenko Luhut Siapkan Tempat Riset Herbal Berkelas Dunia di Pollung Humbahas

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di laman kpk.go.id, Bahlil tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp300.445.709.773.

Hingga Desember 2020, harta kekayaan Bahlil terdiri atas aset berupa tanah dan bangunan, alat transportasi, dan mesin, surat berharga, serta kas dan setara kas.

Bersambung ke halaman 2..

Mantan Sopir Angkot

Siapa sangka, Bahlil Lahadalia ternyata pernah menjadi sopir angkot. Profesi itu dia lakoni saat masih bersekolah di tingkat menengah atas. Selain bawa angkot, Bahlil muda juga pernah menjadi pedagang kue.

Pria kelahiran Maluku Tengah ini meniti karir dari nol. Sampai kemudian dia berhasil menjadi seorang pengusaha dan menggeluti beberapa usaha sekaligus.

Kini, Bahlil dipercaya oleh Presiden RI Joko Widodo mengemban amanah sebagai Menteri Investasi.

Setelah dilantik, Bahlil lantas bekerja mengikuti arahan presiden. Dia mengaku akan bersungguh-sungguh mendatangkan investasi, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA).

Tujuannya satu, menumbuhkan ekonomi Indonesia dan lapangan pekerjaan baru bagi tenaga kerja. Menumbuhkan investasi baginya sama saja dengan menumbuhkan ekonomi, menumbuhkan lapangan pekerjaan, serta menumbuhkan peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business/EoDB).

Oleh karena itu, Jokowi meminta Bahlil untuk mengurus semua pengusaha tanpa pandang bulu. Pengusaha besar maupun pengusaha kecil, pengusaha nasional maupun pengusaha asing, harus dilayani sesuai aturan yang berlaku.

BacaPunya Puluhan Perusahaan, Ribuan Karyawan, RHS Ungkap Rahasia Mereka Setia

Hadirnya Kementerian Investasi diharapkan menambah investor percaya diri, karena investasinya telah diatur di tingkat kementerian. Tugas kementerian ini adalah menggabungkan investasi prioritas dari kementerian teknis terkait, hingga menyusun target investasi pada tahun 2022 dan seterusnya.

“Ini akan menjadikan fokus poin di mana kami mengurus investasi bukan hanya dalam negeri, tapi di luar, tidak hanya di pusat, tapi di daerah. Dan tidak hanya (investasi) yang besar, tapi yang kecil. Supaya bisa menciptakan transformasi ekonomi,” kata Bahlil, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (28/4/2021).

Bersambung ke halaman 3..

Target Tahun Ini, Rp900 Triliun

Setelah menjabat, Bahlil memiliki sederat pekerjaan rumah. Maka itu, dia sudah mengambil ancang-ancang menjalani tujuan jangka pendek, yakni menggenjot target investasi senilai Rp900 triliun tahun ini.

Target tersebut berasal dari perintah Presiden Jokowi, sebab Bappenas hanya menargetkan sebesar Rp856 triliun. Bukan sembarang investasi, target tersebut harus dipenuhi oleh investasi yang berkualitas, dan berimbang antara Pulau Jawa dengan luar Pulau Jawa.

Adapun sepanjang kuartal I 2021, realisasinya sudah mencapai Rp219,7 triliun, termasuk dari penyelesaian investasi mangkrak senilai ratusan triliun.

Realisasi itu tumbuh 2,3 persen secara kuartalan (quarter to quarter/QtoQ) dan 4,3 persen secara tahunan (year on year/yoy), yang mampu menyerap tenaga kerja sebesar 311.793 orang.

BacaAndaliman, Rempah Eksotik Tanah Batak Diekspor ke Jerman

Sebaran investasi dari PMA dan PMDN sudah unggul di luar Pulau Jawa dengan porsi mencapai 52,1 persen. Total investasi di luar Jawa mencapai Rp114,4 triliun atau naik 11,7 persen.

Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia saat mendengarkan penjelasan terkait perkembangan KEK Sei Mangkei, Jumat (30/4/2021).

Sedangkan di Pulau Jawa sebesar Rp105,3 triliun dengan porsi 47,9 persen atau turun -2,7 persen.

“Yakinlah, berangkat dari pengalaman saya 1,5 tahun ini, Insya Allah secercah harapan ke depan akan lebih baik, apalagi ditopang oleh BKPM yang luar biasa,” kata Bahlil.

Bersambung ke halaman 4..

Genjot Investasi Manufaktur

Bahlil berjanji akan menggenjot investasi di sektor manufaktur ke depan. Namun sekarang, dia terlebih dahulu menggenjot investasi di tingkat tersier dan sekunder, agar mampu menyerap tenaga kerja.

Tak bisa dimungkiri, pandemi Covid-19 membuat banyak pekerja terkena PHK, melonjaknya pengangguran, meningkatnya angka kemiskinan, dan melesatnya gini rasio.

Di kuartal I, sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran berada dalam posisi realisasi investasi tertinggi mencapai Rp29,4 triliun.

BacaDikelola Perusahaan Miliknya, RHS Panen Padi Hingga 11 Ton per Hektar

Kemudian, diikuti oleh industri logam dasar, barang logam bukan mesin dan peralatannya sebesar Rp27,9 triliun, transportasi gudang dan telekomunikasi Rp25,6 triliun, makanan dan minuman Rp21,7 triliun, serta listrik, gas dan air Rp20,2 triliun.

Adapun negara yang masuk dalam 5 besar antara lain, Singapura dengan nilai 2,6 miliar dollar AS, diikuti Cina 1 miliar dollar AS, Korea Selatan 900 juta dollar AS, Hongkong 800 juta dollar AS, dan Swiss 500 juta dollar AS.

“Memang investasi sekarang ini berbasis teknologi, tapi kita juga dorong ke padat karya. Karena kita sekarang ini berkejar-kejaran dengan bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan. Teknologi terlalu dominan (di industri manufaktur), maka penciptaan lapangan pekerjaan juga tidak baik,” kata Bahlil.

Bersambung ke halaman 5..

Mempermudah Izin

Selain mengurus seluruh pengusaha tanpa pandang bulu, Bahlil juga akan mendesain perizinan investasi semudah mungkin. Agar investor tak lari ke negara Asia lain yang dinilainya lebih mudah dan pro investor.

Menahan izin sama dengan menahan laju pertumbuhan ekonomi nasional dan menahan penciptaan lapangan pekerjaan. Bagaimanapun, investasi berkontribusi sekitar 30 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Kontributor pertama yang menyumbang sekitar 60 persen, datang dari konsumsi rumah tangga.

BacaBRI Kucurkan Kredit Untuk Petani Keramba di Haranggaol

Kendati demikian, konsumsi itu tidak tercipta bila investasi yang mampu menyerap tenaga kerja tidak lahir. Kepastian pendapatan hanya terwujud apabila ada lapangan pekerjaan.

“Jadi, saya pikir ke depan tolong kami kasih waktu. Saya tahu tugas ini bukan tugas ringan, ini tugas berat. Karena itu kami mohon doa,” ujar Bahlil pebuh harap.

Bersambung ke halaman 6..

Membawa Tiga Investasi Baru

Guna menggenjot investasi Rp900 triliun, Bahlil aktif melakukan komunikasi dari para investor berpotensi, salah satunya pabrikan mobil listrik asal AS, Tesla.

Tesla dikabarkan tertarik di bidang Energy Storage System (ESS). ESS merupakan bagian dari proyek rantai pasok ekosistem industri baterai di Indonesia.

Kerjanya seperti power bank dengan giga baterai skala besar yang mampu menyimpan tenaga listrik besar hingga ratusan megawatt (MW).

BacaInsting Hebat, RHS Melejit Saat Pertumbuhan Industri Properti Melambat

Selain Tesla, ada 3 investasi baru yang akan masuk ke RI tahun ini.

Kendati demikian, Bahlil belum mau menyebutkan nama perusahaan dan industri di bidang apa tiga investasi baru tersebut.

“Tapi, yakinlah bahwa tahun ini ada 2-3 barang baru yang saya akan sampaikan pada waktunya,” beber Bahlil.

Namun sebelum itu, Bahlil perlu membereskan ‘dapur’nya terlebih dahulu. Kementerian diberi waktu selama 100 hari ke depan untuk mengubah struktur kepengurusan, mempebarui sistem OSS, dan mengembangkan SDM yang sesuai dengan tugas dan fungsi kementerian.

Exit mobile version