Dilantik Jokowi Jadi Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia Kunker Pertama ke Simalungun

Share this:
BMG
Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia melakukan salam komando dengan Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga saat berkunjung ke KEK Sei Mangkei, Jumat (30/4/2021).

Target Tahun Ini, Rp900 Triliun

Setelah menjabat, Bahlil memiliki sederat pekerjaan rumah. Maka itu, dia sudah mengambil ancang-ancang menjalani tujuan jangka pendek, yakni menggenjot target investasi senilai Rp900 triliun tahun ini.

Target tersebut berasal dari perintah Presiden Jokowi, sebab Bappenas hanya menargetkan sebesar Rp856 triliun. Bukan sembarang investasi, target tersebut harus dipenuhi oleh investasi yang berkualitas, dan berimbang antara Pulau Jawa dengan luar Pulau Jawa.

Adapun sepanjang kuartal I 2021, realisasinya sudah mencapai Rp219,7 triliun, termasuk dari penyelesaian investasi mangkrak senilai ratusan triliun.

Realisasi itu tumbuh 2,3 persen secara kuartalan (quarter to quarter/QtoQ) dan 4,3 persen secara tahunan (year on year/yoy), yang mampu menyerap tenaga kerja sebesar 311.793 orang.

BacaAndaliman, Rempah Eksotik Tanah Batak Diekspor ke Jerman

Sebaran investasi dari PMA dan PMDN sudah unggul di luar Pulau Jawa dengan porsi mencapai 52,1 persen. Total investasi di luar Jawa mencapai Rp114,4 triliun atau naik 11,7 persen.

Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia saat mendengarkan penjelasan terkait perkembangan KEK Sei Mangkei, Jumat (30/4/2021).

Sedangkan di Pulau Jawa sebesar Rp105,3 triliun dengan porsi 47,9 persen atau turun -2,7 persen.

“Yakinlah, berangkat dari pengalaman saya 1,5 tahun ini, Insya Allah secercah harapan ke depan akan lebih baik, apalagi ditopang oleh BKPM yang luar biasa,” kata Bahlil.

Bersambung ke halaman 4..

Share this: