Dilantik Jokowi Jadi Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia Kunker Pertama ke Simalungun

Share this:
BMG
Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia melakukan salam komando dengan Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga saat berkunjung ke KEK Sei Mangkei, Jumat (30/4/2021).

Mantan Sopir Angkot

Siapa sangka, Bahlil Lahadalia ternyata pernah menjadi sopir angkot. Profesi itu dia lakoni saat masih bersekolah di tingkat menengah atas. Selain bawa angkot, Bahlil muda juga pernah menjadi pedagang kue.

Pria kelahiran Maluku Tengah ini meniti karir dari nol. Sampai kemudian dia berhasil menjadi seorang pengusaha dan menggeluti beberapa usaha sekaligus.

Kini, Bahlil dipercaya oleh Presiden RI Joko Widodo mengemban amanah sebagai Menteri Investasi.

Setelah dilantik, Bahlil lantas bekerja mengikuti arahan presiden. Dia mengaku akan bersungguh-sungguh mendatangkan investasi, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA).

Tujuannya satu, menumbuhkan ekonomi Indonesia dan lapangan pekerjaan baru bagi tenaga kerja. Menumbuhkan investasi baginya sama saja dengan menumbuhkan ekonomi, menumbuhkan lapangan pekerjaan, serta menumbuhkan peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business/EoDB).

Oleh karena itu, Jokowi meminta Bahlil untuk mengurus semua pengusaha tanpa pandang bulu. Pengusaha besar maupun pengusaha kecil, pengusaha nasional maupun pengusaha asing, harus dilayani sesuai aturan yang berlaku.

BacaPunya Puluhan Perusahaan, Ribuan Karyawan, RHS Ungkap Rahasia Mereka Setia

Hadirnya Kementerian Investasi diharapkan menambah investor percaya diri, karena investasinya telah diatur di tingkat kementerian. Tugas kementerian ini adalah menggabungkan investasi prioritas dari kementerian teknis terkait, hingga menyusun target investasi pada tahun 2022 dan seterusnya.

“Ini akan menjadikan fokus poin di mana kami mengurus investasi bukan hanya dalam negeri, tapi di luar, tidak hanya di pusat, tapi di daerah. Dan tidak hanya (investasi) yang besar, tapi yang kecil. Supaya bisa menciptakan transformasi ekonomi,” kata Bahlil, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (28/4/2021).

Bersambung ke halaman 3..

Share this: