PLTGU 1.600 MW Dibangun di Perupuk Kabupaten Batubara

Share this:
BMG
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi foto bersama dengan Direktur PT Hanlim Energy Power Albert Kim usai peresmian PLTGU di Desa Perupuk, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Rabu (17/2/2021).

BATUBARA, BENTENGTIMES.com– Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi dimulainya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Kabupaten Batubara. Keberadaan PLTGU berkapasitas 2 x 800 megawatt ini akan dapat menyuplai kebutuhan energi listrik industri di kawasan Kabupaten Batubara sekitarnya, termasuk Kawasan Ekonomi khusus (KEK) Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun.

Gubernur menyampaikan hal itu usai meresmikan dimulainya pemancangan tiang pertama dari proyek tersebut di Desa Perupuk, Kecamatan Limapuluh, Batubara, Rabu (17/2/2021).

Dengan pembangunan pembangkit listrik tersebut diharapkan perkembangan industri di kawasan Batubara dan sekitarnya semakin berkembang.

Edy menjelaskan, pembangunan itu merupakan tahap pertama pembangunan PLTGU di Desa Perupuk. Setelah itu, ada dua PLTGU dengan kapasitas masing-masing 2 x 800 MW juga.

“Untuk tahap pertama, Hanlim Energy Power selaku pelaksana proyek menargetkan menyelesaikan dalam waktu tiga tahun,” terangnya.

BacaKapal Pesiar SuperStar Libra Bersandar di Kuala Tanjung

BacaPelabuhan Kuala Tanjung Siap Beroperasi Secara Komersial

Dengan tersedianya energi yang cukup, menurut Edy, ada lebih 400 investor yang tertarik berinvestasi di Batubara.

Direktur PT Hanlim Energy Power Albert Kim menyebutkan, pembangunan PLTGU itu menggunakan lahan seluas 200 hektare.

BacaLima Orang Meninggal Dunia, Operasional PLTP Sorik Marapi Dihentikan

Baca2019, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Prioritas Hutama Karya

Untuk pembangunan tahap pertama, PT Hanlim Energy Power akan menggunakan lahan seluas 40 hektare dengan nilai investasi sebesar lima miliar dolar AS.

Share this: