Menko Luhut Siapkan Tempat Riset Herbal Berkelas Dunia di Pollung Humbahas

Share this:
BMG
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama rombongan saat tiba di Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir, Sabtu (13/2/2021).

Pusat bibit ini juga akan mendukung program ketahanan pangan selanjutnya seluas 2.000 Ha yang akan dibangun di Humbahas. Seperti pada kawasan food estate di Desa Ria-Ria yang telah berhasil dibagikan sertifikat lahan kepada masyarakat dimana setiap keluarga mendapatkan lahan seluas 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) hektar.

“Lahan tersebut dapat menghasilkan keuntungan kurang lebih 25 juta rupiah tiap musim panen,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Luhut mengungkapkan, nantinya juga akan dibangun jalan yang dapat mengintegrasikan antara kawasan food estate, kebun raya, dan juga TSTH2. Pembangunan jalan akan mulai ditangani pada bulan Maret 2021, ditargetkan akan dapat terhubung pada bulan Mei 2021, dan selesai pada bulan Juli 2021.

Dengan adanya pembukaan jalan ini, maka akan memangkas waktu tempuh dari Bandara Silangit ke lokasi menjadi kurang lebih 45 menit.

BacaBegini Pesan Damai Edy Rahmayadi pada Syukuran Awal Tahun di HKBP Pearaja

BacaCicipi Kopi Tabodo di Geosite Sipinsur Humbahas, Jokowi: Enak

Pada kawasan itu juga akan dibangun fasilitas pendukung TSTH2, laboratorium, taman koleksi, pembenihan dan penelitian, silvopastura, wisata alam, wisata buatan, kantor, mess bagi peneliti, serta guest house.

“Saya harap kita bisa tanam bibit bagus dan unggul disini, sehingga kita bisa bangga katakan ini bibit dari Pollung. Untuk itu, diharapkan masyarakat dan pemerintah harus saling bekerja sama, dan yang terpenting bekerja dengan hati,” pungkasnya.

Share this: