Begini Cerita Luhut Panjaitan saat Bersama Menlu China di Kawasan Danau Toba

Share this:
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Menteri Luar Negeri China Wang Yi untuk menikmati keindahan Kawasan Danau Toba.

TOBA, BENTENGTIMES.com – Setelah beberapa kali diundang, akhirnya Menteri Luar Negeri China Wang Yi memenuhi undangan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berkunjung ke tempat kelahirannya, di tanah Toba.

Luhut mengaku bangga memamerkan potensi yang ada di tanah kelahirannya itu kepada Menlu Wang Yi.

“Jika saya diminta menyebutkan satu kata tentang tanah kelahiran saya, Tanah Toba, saya akan memilih kata ‘berkat’. Mengapa? karena setiap kali saya datang kembali ke sana, saya merasa selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan untuk dibagikan,” ujar Luhut seperti dikutip dari akun instagramnya, Rabu (13/1/2021).

Baca: Ini Pesan Jokowi yang Disampaikan Luhut pada Groundbreaking Toba Caldera Resort

Baca: Luhut Panjaitan Blak-blakan Tanggapi Masifnya Investasi China

Luhut mengajak Wang Yi yang sudah dianggapnya sebagai sahabat untuk menikmati pesona Danau Toba di sela-sela kunjungannya ke Indonesia selama dua hari, yaitu 12 hingga 13 Januari 2021.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Menlu Wang Yi melakukan beberapa agenda pertemuan bilateral dengan pemerintah Indonesia. Luhut juga memastikan bahwa pertemuan tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kata Luhut, dirinya beberapa kali menyampaikan undangan dan ajakan kepada Menlu Wang Yi untuk berkunjung ke Sumatera Utara. Ajakan itu disampaikan Luhut dalam beberapa kali lawatannya ke China. Akhirnya, undangan Luhut pun dapat dipenuhi Menlu Wang Yi.

“Saya mengetahui Bapak Wang Yi punya hobi hiking dan memang sudah lama punya rencana untuk melihat potensi pariwisata di sini. Hari ini saya secara khusus mendampingi beliau bersama delegasinya untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba,” ujar mantan Duta Besar Indonesia untuk Singapura ini.

Baca: Luhut Panjaitan Bawa Menlu Tiongkok Kunjungi Danau Toba, 400 Personel Siaga

Baca: Sandiaga Uno ke Danau Toba Akhir Tahun Ini, Luhut dan Menlu China Menyusul di Awal Tahun

Tidak hanya mengajak berkeliling dan menikmati pesona Danau Toba saja, Luhut juga memanfaatkan kesempatan kunjungan Menlu Wang Yi untuk melakukan pembahasan terkait rencana peningkatan kerja sama di berbagai bidang, seperti investasi, beberapa proyek strategis, pariwisata hingga pemulihan ekonomi nasional.

Share this: