Benteng Times

RHS Berbagi Tips Sukses dengan Pengusaha Kopi di Saribudolok

Calon Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat berbagi tips ke pengusaha kopi Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, Jumat (9/10/2020).

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com– Calon Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi tim pemenangan melakukan perjalanan menuju Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Jumat (9/10/2020).

Seperti biasa, dalam perjalanan, Radiapoh senantiasa membangun komunikasi dan silaturahmi dengan warga Simalungun.

Ketika pandangan Radiapoh tertuju pada Pinurun CoffeeShop yang berada di Jalan Singgalang, Kelurahan Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, dia segera meminta sopir untuk singgah. Ada sesuatu yang ingin dilihat Radiapoh di sana. Selain itu, Radiapoh juga ingin memberikan masukan kepada pengusaha coffee shop tersebut.

Di warung kopi itu, Radiapoh duduk berbaur dengan masyarakat. Pria yang akrab disapa RHS ini memesan kopi khas warung itu.

Usai seruputan pertama, RHS langsung memuji rasa kopi itu.

“Kopi ni mantap, mattin tumang (Rasa kopinya mantap dan enak sekali),” kata RHS.

BacaBagi RHS, Mengelola Usaha Tak Jauh Beda dengan Pemerintahan, Kuncinya ‘Hati’

Putra Purba, pengelola warung kopi Pinurun CoffeeShop, itu pun lantas tersenyum.

Putra kemudian menjelaskan, kopi yang dinikmati RHS beserta rombongan adalah kopi yang ditanam di Silimakuta. Artinya, kopi itu asli produk Silimakuta. Bukan didatangkan dari kecamatan lain di Simalungun atau dari daerah lainnya.

Tentu, jenis kopi yang ditanam petani adalah jenis Robusta dan Arabika.

Dalam kesempatan itu, RHS memberikan tips bagaimana mengembangkan usaha dengan memperhatikan desain yang pas. Sehingga, pengunjung merasa tertarik untuk singgah karena ada sesuatu yang dapat dinikmati.

RHS juga meminta kepada Putra Purba agar dapat menyedikan makanan khas yang dapat menjadi pilihan bagi peminum kopi, misalnya lontong atau makanan lainnya.

Terakhir, RHS memberikan saran dalam pengembangan dan promosi penjualan kopi asli Silimakuta yang tidak kalah dengan kopi daerah lain.

Selain bersama Putra Purba, RHS juga berdiskusi dengan Henri S, salah seorang pengelola atau pelaku usaha kopi. RHS bersama kedua pengusaha muda itu berdiskusi proses pemanenan hingga pembuatan kopi layak konsumsi dan cara memasarkan hingga keluar daerah, bahkan ekspor ke mancanegara.

RHS menyampaikan, salah satu dari visi dan misi dalam membangun Simalungun lebih maju, lebih baik dan rakyat sejahtera adalah memberikan perhatian khusus terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kita akan mengembangkan kemampuan berinovasi para pengusaha kecil menengah. Sehingga, usahanya dapat bertumbuh tidak saja dari kuantitas, tapi kualitas. Hal itu akan berdampak pada bertambahnya penghasilan dan lapangan kerja. Karena, setiap usaha yang maju akan merangsang pengusaha untuk memperluas usahanya,” jelas RHS.

BacaInsting Hebat, RHS Melejit Saat Pertumbuhan Industri Properti Melambat

RHS menambahkab, kehadiran UMKM di Simalungun belum diberi sentuhan. Sehingga, para pengusaha kecil menengah jalan di tempat dan akhirnya tutup.

“Saya bersama Pak Zonny Waldi akan memberikan perhatian serius ke UMKM. Kami akan memberikan ruang yang lebih luas dalam kesempatan mendapatkan bantuan modal usaha,” pungkas Radiapoh.

Exit mobile version