Menjalani Masa Tua Bersama JKN-KIS

Share this:
BMG
Rusli Tarigan, Anggota Prolanis saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Efarina Etaham Berastagi, belum lama ini. 

KARO, BENTENGTIMES.com– Ditemui di Rumah Sakit Efarina Etaham Berastagi, Rabu (4/9/2019), Rusli Tarigan (68) yang sedang terbaring sakit karena Hipertensi itu terlihat ramah menyambut kedatangan wartawan. Meski masih belum begitu bugar, ia terlihat bersemangat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang Program Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Sangat bersyukur saya dengan adanya program ini. Kalau dulu, saya tidak berani ke rumah sakit kalau tidak pegang uang yang cukup. Sekarang, sudah tidak takut lagi karena saya pegang kartu ini,” ujar kakek dari lima orang cucu ini, sembari menunjukkan Kartu Indonesia Sehat.

Mengidap Hipertensi sejak tahun 2017, membuat Rusli menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Ia tak ingin masa tuanya dihabiskan hanya terbaring sakit di rumah. Hal ini lah yang mendorong Rusli untuk ikut menjadi anggota Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang dikelola BPJS Kesehatan. Melalui Prolanis, Rusli diedukasi untuk menjaga penyakitnya tetap stabil seperti berolahraga rutin, pola makan yang baik, hingga pemeriksaan berkala.

“Saya ini kan sudah tua, nak. Ibaratnya seperti daun yang sudah menguning di pohon tinggal menunggu jatuh saja. Karena itu saya ingin menghabiskan masa tua saya ini dengan menikmati waktu bersama keluarga. Puji Tuhan dengan adanya Prolanis ini, hipertensi saya tidak menjadi halangan untuk beraktivitas bersama anak cucu,” ujar pria yang sudah berhenti bekerja sebagai peladang ini.

BacaBPJS Kabanjahe, Kejari Karo dan Dairi Sepakat Tindak Badan Usaha yang Melanggar

Melalui Prolanis, Rusli mengaku mendapatkan banyak sekali pemahaman tentang penyakit Hipertensinya ini. Mulai dari pencegahan hingga pengobatannya. Itulah mengapa ketika hipertensinya kambuh seperti sekarang, ia tidak panik dan tahu harus kemana.

“Saya sangat paham mengenai prosedur pelayanan kesehatan Program JKN-KIS ini karena sudah lumayan sering menggunakannya. Dua tahun lalu saya juga pernah mengambil kacamata. Semuanya sangat memuaskan. Jadi, kalau ada masyarakat yang tidak puas, saya rasa karena mereka belum begitu paham dengan prosedur program ini sehingga merasa tidak dilayani dengan baik padahal Program JKN-KIS ini sudah banyak sekali membantu masyarakat. Saya salah satunya,” tutur pria yang hobi membaca koran ini.

BacaAdik Kakak di Karo Kompak Pakai JKN-KIS

Harapan Rusli agar kesadaran masyarakat akan pentingnya Program JKN-KIS ini dapat meningkat dan semua dapat mendukung Program Pemerintah ini sehingga dapat terus berjalan serta pelayanan yang semakin baik.

Share this: