150 Ribu Bibit Kopi Disumbangkan untuk Petani

Share this:
Penanaman bibit kopi beberapa waktu lalu oleh Starbucks di Desa Hatuginjang, Kabupaten Tapanuli Utara, yang merupakan daerah dataran tinggi di selatan Danau Toba.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Petani Sumatera mendapat sumbangan 150 ribu bibit kopi dengan nilai total Rp400 juta, yang merupakan bagian kampanye ‘Art in c Cup’ Starbucks yang digelar Maret-April 2018.

Direktur Starbucks Indonesia Anthony Cottan menerangkan, kampanye ‘Art in a cup’ bertujuan menyisihkan penghasilan dari 10 cangkir kopi yang terjual menjadi 1 bibit pohon kopi. “Membantu para petani kopi hanya permulaan saja. Tetapi kami percaya peran serta masyarakat dan petani kopi memungkinkan keberhasilan tumbuhnya kopi tersebut,” ujarnya Sabtu, (9/6/2018).

(BACA: Wow! Berbahan Bubuk Kopi, Morris Siregar Lukis Foto Jokowi)

Dijelaskan bahwa Starbucks tak hanya memberi benih kopi. Tahun lalu, mereka merenovasi sekolah di salah satu desa di Sumatera. Anthony berharap donasi kampanye tahun ini bisa membantu warga Sumatera khususnya para petani kopi.

“Sumatera telah menjadi sumber biji kopi bagi Starbucks selama lebih dari 40 tahun. Kami sangat mengapresiasi mereka yang terlibat dalam perjalanan ini,” kata Anthony.

Upaya Starbucks memajukan pertanian kopi di Sumatera juga dilakukan melalui Starbucks Farmers Support Center (FSC) Indonesia. Petani lokal mendapat pembelajaran tentang merawat pohon kopi yang baik atau temuan terbaru dari ahli agronomi.

Share this: