Konsisten mar-Simalungun Sampai ke Negeri Belanda, Ternyata dr Sarmedi Purba Ada Tujuan Ini, Bukan Main

Share this:
BMG
Suasana Acara Simalungun Dag/Simalungun Day yang berlangsung di Rijswijk, Negeri Belanda, Sabtu (20/05/2023).

BELANDA, BENTENGTIMES.com– dr Sarmedi Purba SpOG di usianya yang sudah tak lagi muda tetap konsisten melestarikan budaya Simalungun, tidak hanya dalam negeri tapi juga hingga ke luar negeri.

Di sela-sela kesibukannya mengasuh Rumah Sakit Vita Insani (RSVI) Kota Pematang Siantar, pria yang berprofesi dokter spesialias anak ini meluangkan waktunya berangkat ke Negeri Belanda.

Kehadiran dr Sarmedi Purba itu dalam rangka menghadiri Acara Simalungun Dag/Simalungun Day yang berlangsung di Rijswijk, Negeri Belanda, pada Sabtu 20 Mei 2023.

Kegiatan Simalungun Dag diisi dengan penampilan lagu dan tari-tarian Simalungun serta fashion show yang dibawakan putri Simalungun yang datang dari beberapa negara Eropa.

Ratusan warga Indonesia (dari suku Simalungun, Toba, Karo, dll) yang datang dari Belanda, Jerman dan Dubai, tampak sangat menikmati Simalungun Dag. Dan, acara berlangsung sukses dan meriah.

BacaKetum Harungguan Purba Simalungun Indonesia, Mangapul Purba: Kita Tidak Ekslusif, tapi Terbuka ke Semua

BacaTanah Ulayat Simalungun Itu Ada, di Mana, Siapa Pemiliknya?

Dikatakan dr Sarmedi Purba, Acara Simalungun Dag adalah untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid-19. Kegiatan terlaksana atas prakarsa Carolina Kist Purba dan mendapatkan respon positif warga Simalungun Belanda dan Jerman.

dr Sarmedi berharap Simalungun Dag bisa menjadi sarana dan tempat untuk saling mengenal, belajar, dan mengingat adat Simalungun, terkhusus bagi para pelajar, mahasiswa, kaum muda maupun masyarakat yang punya ‘ahap’ (rasa keterikatan) agar semakin menghargai budayanya.

“Dan, masyarakat Simalungun di Indonesia akan semakin tertarik untuk mengembangkan seni budaya Simalungun klasik untuk ditampilkan di luar negeri,” kata dr Sarmedi Purba SPOG, yang juga Ketua Dewan Pengurus Pusat-Partuha Maujana Simalungun (DPP PMS), Senin (22/5/2023).

Untuk diketahui bahwa setiap acara Simalungun Dag akan menampilkan tema khusus. Adapun Simalungun Dag pertama pada 17 Mei 2019, menampilkan makanan khas Simalungun berupa workshop ‘Dayok ni Binatur’.

Kemudian Simalungun Dag pada Sabtu 20 Mei 2023 kemarin, menampilkan tenun Simalungun dan tarian klasik.

BacaPertama dalam Sejarah, 1.848 Pelajar Siantar Berbalas Pantun Pakai Bahasa Simalungun

BacaLihat Cantiknya Istri Djarot Saiful Hidayat dalam Balutan Ulos Batak

Acara itu dihadiri Mayerfas, Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, beserta Ibu Virna Mayerfas, Freddy Panggabean, Wakil Kepala Perwakilan KBRI Den Haag, beserta Ibu Imelda Panggabean dan Widiyarso, Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Den Haag, beserta Ibu Wulan Widiyarso.

Juga hadir Barbara Br Purba, istri (alm) Sitor Situmorang dan Ketua Ikatan Warga Simalungun Eropa, Elika br Purba.

Share this: