Natal DPRD Sumut, Meneguhkan Komitmen Kasih, Khususnya Bagi Penyandang Disabilitas

Share this:
BMG
Sutrisno Pangaribuan, Ketua Panitia Natal Keluarga Besar DPRD Provinsi Sumatera Utara, sebelum memimpin rapat di ruangan DPRD Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Panitia Natal DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2018 akan memulai rangkaian kegiatan dengan mengadakan bakti sosial, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, pemberian obat secara gratis kepada 500 orang pemulung, Sabtu (15/12/2018). Puncaknya, akan dilaksanakan Ibadah Perayaan Natal Inkulturasi berbagai suku dan budaya, sekaligus meneguhkan komitmen kasih kepada sesama, khususnya penyandang disabilitas.

Demikian disampaikan Sutrisno Pangaribuan, Ketua Panitia Natal Keluarga Besar DPRD Provinsi Sumatera Utara, kepada BENTENG TIMES, Sabtu (15/12/2018). Sutrisno menuturkan, bakti sosial penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, serta pemberian obat secara gratis dilaksanakan di Wisma Tiurma, Desa Kelambir Lima Kebon, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran, Universitas HKBP Nommensen (FK UHN) Medan, yang akan menerjunkan 11 dokter spesialis, 6 dokter umum, 4 tenaga kesehatan, dan 12 mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Tim FK UHN ini dipimpin dr Rudyn Reymond Panjaitan MKed (KK) SpKK, Ketua Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan. Adapun masyarakat yang akan dilayani dalam kegiatan bakti sosial, telah dikoordinasikan oleh Uba Pasaribu, selaku Ketua Yayasan Peduli Pemulung Sejahtera (YPPS).

Melalui YPPS tersebut, sambung Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini, Uba Pasaribu telah melakukan pendampingan masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Mereka yang kesulitan mendapat identitas kependudukan, akses kesehatan, dan pendidikan telah didampingi oleh Uba Pasaribu, sejak beberapa tahun terakhir.

Untuk mengatasi berbagai masalah kesejahteraan sosial itu, panitia juga mengikutsertakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk melayani langsung masyarakat yang belum memiliki identitas kependudukan.

Demikian juga Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, selain menurunkan tenaga medis, dan menyediakan obat-obatan, mereka juga diminta untuk memfasilitasi BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

BacaRealisasi Anggaran Kelurahan, Bukti Nyata Jokowi Pegang Teguh Keadilan Sosial

BacaRapat di Kementerian PUPR, Terkelin Usul Pembangunan Tol Medan-Berastagi

Selanjutnya, pada Senin (17/12/2018), akan diadakan aksi donor darah bekerjasama dengan PMI Sumatera Utara. Aksi donor darah ini digelar di lobby ruang paripurna DPRD, sekira pukul 10.00 WIB. Panitia memasang target sekitar 100 orang pendonor akan terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ketiga direncanakan melakukan kunjungan kasih ke Yayasan Penyandang Tuna Netra (Yapentra) Tanjung Morawa, pada Selasa (18/12/2018), sekira pukul 10.00 WIB.

Share this: