Kapten Timnas Korsel Resmi Berlabuh di Klub Liga Inggris Ini

Share this:
Ki Sung-yueng

INGGRIS, BENTENGTIMES.com – Saat rekan-rekan setimnya pulang ke rumah dan disambut dengan lemparan telur dari para suporter, kapten Tim Nasional (Timnas) Korea Selatan (Korsel) Ki Sung-yueng, lolos dari itu semua. Ki malah terbang ke Newcastle untuk menandatangani kontrak dengan klub barunya, Newcastle United.

Oleh Newcastle, Ki dikontrak selama dua musim. The Magpies tidak perlu mengeluarkan dana sepeser pun untuk mendapatkan pemain 29 tahun itu karena si pemain berstatus free agent. Sebelumnya, Ki bermain untuk Swansea City sejak 2012 dan meninggalkan klub asal Wales tersebut setelah mereka terdegradasi pada musim 2017/18.

Didatangkan Swansea dari Celtic dengan nilai transfer 6 juta poundsterling, Ki bermain di lebih dari 160 pertandingan dan mencetak 12 gol. Prestasi terbaiknya bersama The Swans adalah gelar juara Piala Liga musim 2012/13.

Pelatih Newcastle, Rafael Benitez, mengakui bahwa pertimbangan utama timnya merekrut Ki adalah pengalaman si pemain. Selain di Premier League, Ki juga sarat pengalaman di kancah internasional.

Pemain kelahiran Gwangju itu sudah memperkuat Taeguk Warriors sejak 2008 dan bermain di 104 pertandingan. “Membawanya ke sini adalah keputusan yang mudah,” kata Benitez seperti dilansir situs resmi klub.

Di Piala Dunia 2018, Ki bermain dalam dua pertandingan pertama. Sayangnya, di dua laga itu Korea Selatan selalu kalah, yakni dari Swedia dan Meksiko. Ketika Korsel mengalahkan Jerman di pertandingan ketiga, Ki absen karena mengalami cedera paha.

“Aku selalu terkejut tiap kali datang ke St. James’ Park untuk menghadapi Newcastle. Atmosfernya luar biasa dan dukungan dari para fans sangatlah berpengaruh bagi para pemain di lapangan,” kata Ki tentang klub barunya.

“Semua orang tahu bahwa klub ini adalah klub besar dan aku ingin cepat-cepat bermain dengan rekan-rekan baruku,” tutup pemain berpostur 188 cm ini.

Di Newcastle, Ki akan bereuni dengan mantan rekan setimnya di Swansea, Jonjo Shelvey. Musim lalu, Shelvey beberapa kali berganti tandem di lini tengah, mulai dari Mikel Merino, Mohamed Diame, sampai Isaac Hayden.

Share this: